Marketing mix
merupakan suatu strategi pemasaran yang
banyak digunakan oleh perusahaan. Dengan menerapkan marketing mix pada sebuah perusahaan bertujuan mendapatkan
profit yang maksimum. Salah satu strategi pemasaran dalam marketing mix ialah
4P, yaitu Product, Price, Place,
Promotion.
Adidas adalah salah satu brand
sepatu dan perlengkapan olahraga ternama asal Jerman dan paling tua di dunia.
Perusahaan dengan logo tiga garis ini diciptakan oleh Adolf “Adi” Dassler.
Adidas merupakan induk perusahaan dari Reebok, Rockpot dan Taylor Made. Namun
sejauh ini Reebok masih menjadi anak perusahaan yang paling kuat diantara yang
lain.
Berikut analisis strategi pemasaran yang
dilakukan oleh perusahaan Adidas menggunakan teori marketing mix 4P :
Produk utama Adidas tetaplah sepatu
olahraga. Disamping itu Adidas juga hadir dalam bentuk aksesoris dan
perlengkapan olahraga seperti t-shirt, jaket, sweatshirts, dan lainnya. Sedangkan
anak perusahaan Adidas juga memiliki produk utama mereka. Reebok berfokus pada
sepatu olahraga mereka. Rockpot lebih spesialis pada outdoor footwear, produsen
baju olahraga beserta aksesorisnya dan Taylor Made berfokus pada baju untuk
pemain golf dan perlengkapannya. Adidas selalu memberikan inovasi – inovasi
terbaru pada setiap produknya. Produk – produk Adidas sendiri memiliki kualitas
yang bagus dan berkelas, sehingga membuat para pelanggannya merasa bangga dapat
membeli dan menggunakannya.
2.
Price
Harga yang ditawarkan Adidas cukup
merogoh kocek karena segmentasi pasar mereka adalah untuk kalangan menengah
keatas. Adidas membandrol harga yang cukup stabil. Jarang sepatu dengan logo
tiga garis ini menurunkan harga mereka. Apalagi untuk produk yang baru
diperkenalkan kepada pasar yang memiliki desain yang unik dan jumlah yang
terbatas, Adidas menggunakan strategi skimming price, dimana Adidas mematok
harga setinggi-tingginya. Perusahaan ini juga meyakini bahwa dengan harga yang
tinggi, berarti kualitas yang diberikan pun juga mumpuni.
3.
Place
Penjualan produk – produk Adidas
tidak selalu bisa ditemui disetiap toko. Adidas memiliki outlet eksklusif
sendiri yang hanya menjual produk Adidas dan Reebok. Selain di outlet Adidas
sendiri, produk-produknya juga terdapat pada multi-brand outlet, seperti
Sportstation. Penjualan secara online pun dilakukan oleh perusahaan asal Jerman
ini melalui website resmi Adidas. Hal tersebut dilakukan agar harga dan
segmentasi produk tetap terjaga sebagai barang prestige dan branded.
4.
Promotion
Berbagai cara dilakukan oleh perusahaan
Adidas dalam mempromosikan produk-produknya. Dimulai dari penggunaan sepatu
olahraga oleh atlet sepakbola ternama seperti Lionel Messi, Ronaldinho, dan
beberapa atlet ternama lainnya. Selain itu dengan menjadi sponsorship tim
sepakbola terkenal, mengontrak atlet – atlet olahraga terkenal untuk menjadi
brand ambassador. Oleh karena itu, Adidas banyak disebut sebagai “Sepatu-sepatu
para Pemain Bola”. Promosi menggunakan media massa tidak luput dari strategi
pemasaran mereka. Menggelar potongan diskon pada momen-momen khusus pun menjadi
daya tarik konsumen pula.
Referensi : http://www.marketing91.com/marketing-mix-adidas/
thanks
BalasHapus