Komunikasi pemasaran pribadi merupakan komunikasi pemasaran
yang terjadi sebagai semacam dialog pribadi antara perusahaan dan pelanggannya.
Dengan bantuan kemajuan teknologi yang pesat, komunikasi pemasaran pribadi memungkinkan
masyarakat dan perusahaan saling berkomunikasi melalui internet, mesin faks,
telepon selular, dan peralatan nirkabel
Dalam
komunikasi pemasaran pribadi ini , kita mempertimbangkan bagaimana perusahaan
mempersonalisasikan komunikasi pemasaran mereka agar lebih memberikan pengaruh.
Kita mulai dengan mengevaluasi pemasaran langsung dan interaktif,
lalu beralih ke pemasaran berita dari mulut ke mulut, dan
menyelesaikannya dengan mempertimbangkan penjualan personal dan tenaga
penjualan.
Pemasaran Langsung (Direct Marketing)
Pemasaran
Langsung (Direct Marketing) merupakan bentuk promosi dengan cara memasarkan
barang/jasa secara langsung agar mendapat tanggapan secara langsung juga dari
para konsumen. Pemasaran langsung dapat menggunakan sejumlah saluran untuk
menjangkau calon pelanggan dan pelanggan perorangan, seperi surat langsung,
pemasaran katalog, telemarketing, TV interaktif, kios, situs web, dan peralatan
bergerak (mobile).
Pemasaran langsung memiliki
berberapa manfaat bagi penjual maupun bagi pembeli, diantaranya adalah:
· Bagi
penjual
o Dapat
membeli daftar alamat yang memuat nama dengan karakteristik yang spesifik
o Pemasaran
langsung dapat diatur agar dapat menjangkau calon pembeli pada saat yang tepat
dan dibaca oleh calon pelangganyang lebih memiliki prospek
· Bagi
pembeli
o Memberikan
pilihan barang lebih banyak, karena dapat melakukan perbandingan dengan
membuka-buka katalog dan layanan belanja on line
o Aktivitas
berbelanja konsumen cukup dilakukan di rumah sehingga lebih menghemat waktu,
nyaman, dan bebas dari pertengkaran
Banyak perusahaan menggunakan pemasaran langsung yang penggunaannya sebagai
bagian dari model bisnis. Cari ini adalah cara yang digunakan oleh maskapai
bertarif rendah. Tidak ada perantara atau agen, pelanggan memesan
tiket penerbangan secara langsung melalui Internet. Maskapai menangkap data pelanggan yang dapat digunakan
untuk penelitian pemasaran atau skema loyalitas. Informasi
dapat diproses dengan cepat, dan kemudian dikategorikan ke
dalam database relasional yang kompleks, Kemudian, misalnya penawaran
khusus atau penerbangan tujuan baru dapat dikomunikasikan langsung
kepada pelanggan yang menggunakan kampanye e-mail. Data tidak
hanya dikumpulkan di pasar dan segmen, tetapi juga pada individu
dan perilaku pembeli masing-masing.
1. Surat
Langsung
Pemasaran melalui surat /
pengeposan langsung berarti mengirimkan penawaran, pengumuman, pengingat, atau
barang lain ke konsumen perorangan. Surat langsung merupakan media yang
terkenal karena memungkinkan selektivitas pasar sasaran, dapat disesuaikan
dengan konsumen yang dituju, fleksibel, dan memungkinkan pengujian dini dan
pengukuran respons.
2. Pemasaran
Katalog
Dalam pemasaran katalog,
perusahaan dapat mengirimkan katalog barang lini penuh, katalog konsumen
khusus, dan katalog bisnis, biasanya dalam bentuk cetak tetapi kadang kadang
juga dalam bentuk CD, video, atau online. Katalog merupakan bisnis besar.
Sekitar 71% konsumen AS berbelanja dari rumah menggunakan katalog lewat
telepon, surat, dan internet
3. Telemarketing
Telemarketing (pemasaran jarak jauh) adalah penggunaan telepon
dan pusat panggilan (call center) untuk menarik prospek,
menjual kepada pelanggan yang telah ada dan menyediakan layanan dengan
mengambil pesanan dan menjawab pertanyaan melalui telepon.Perusahaan
menggunakan pusat panggilan untuk telemarketing ke dalam (menerima
telepon dari pelanggan) dan telemarketing keluar (memulai
telepon ke prospek dan pelanggan.
Pemasaran
langsung dan pelanggannya biasanya memiliki hubungan yang saling menguntungkan.
Meskipun demikian, kadang kadang ada sisi negative yang muncul:
- Kejengkelan
- Ketidakadilan
- Penipuan dan pemalsuan.
- Serangan terhadap privasi
Pemasaran Interaktif
Saluran komunikasi untuk menjual secara langsung ke pelanggan adalah
saluran elektronik. Internet menyediakan peluang kepada penjual dan pelanggan untuk
berinteraksi dan bertransaksi lebih mudah.
Keunggulan
- - Mengurangi
biaya pemasaran
- - Dapat
cepat mengukur respon
- - Jangkauan
sangat luas
Kekurangan
- Konsumen
memiliki lebih banyak pilihan dan pembanding
Iklan dan Promosi Online
Perusahaan memilih bentuk pemasaran interaktif yang paling efektif dalam
mencapai tujuan komunikasi dan penjualan
Situs Web
Perusahaan harus membuat web yang mencerminkan mereka. Web ini harusnya
menarik untuk mengundang konsumen membuka pertama kali, dan cukup menarik untuk
dibuka ulang,
Konsumen menilai web berdasarkan kemudahan penggunaan dan daya tarik fisik.
Kemudahan penggunaan memiliki attribut:
- - Dapat
diunduh dengan cepat
- - Halaman
pertama mudah dipahami
- - Berpindah-pindah
halaman dengan cepat
Sedangkan daya tarik fisik ditentukan oleh faktor-faktor
- - Halaman
tidak disesaki dengan konten
- - Bentuk
dan jenis huruf mudah dibaca
- - Menggunakan warna dan suara yang baik
Situs Mikro
Adalah daerah terbatas di web yang dikelola oleh pengiklan lain. Cocok
untuk perusahaan yang menjual produk atau jasa yang jarang diminati.
Iklan Pencari
Area yang tumbuh dengan cepat dalam pemasaran interaktif adalah iklan
pencarian berbayar atau iklan berbayar-per-klik. Pencarian ini berfungsi
sebagai link penawaran produk atau jasa yang menjadi minat konsumen dan yang
berhubungan dengan hal tersebut. Pengiklan hanya membayar jika iklannya di
klik, tetapi pemasar percaya bahwa konsumen yang sudah menunjukan minat dengan
melakukan pencarian merupakan calon pelanggan utama
Iklan Tampilan
Iklan tampilan (display ads) atau sering disebut juga iklan spanduk
(banner ads) berbentuk kotak kecil persegi yang berisi teks dan gambar
yang dibayar oleh perusahaan untuk memasang iklan di situs Web yang berkaitan.
Jika semakin banyak pengunjung yang dapat melihat iklan tersebut maka semakin
besar juga biaya penempatannya. Contoh dari iklan tampilan kita ambil dari
sebuah situs web detik.com dan perhatikan gambar berikut:
Pada saat
membuka situs detik.com bagian otomotif, terdapat kotak kecil di sebelah kiri
bawah berisi teks dan gambar. Iklan tersebutlah yang disebut iklan tampilan
Iklan antara (interstitials)
adalah iklan yang sering dilengkapi video atau animasi, yang muncul antara
perubahan pada situs Web. Contoh untuk Iklan antara dapat kita temukan pada
situs web youtube.com dimana ketika kita ingin melihat sebuah video sebelumnya
kita akan melihat video iklan yang kemudian baru kita dapat melihat video yang
kita ingin lihat.
- · Iklan dan Video Khusus Internet
Dengan adanya
situs web seperti Youtube, MySpace Video, Google Video, dan lain sebagainya,
perusahaan pengiklan dapat membuat sebuah account
perusahaan pada situs web tersebut lalu meng-upload video – video iklan produk mereka sehingga konsumen dapat
melihat sewaktu-waktu dan dapat dibagikan ke jutaan orang. Video online dapat
mengurangi biaya dan memberi lebih banyak kebebasan kepada pemasar.
- · Pemberian Sponsor
Banyak perusahaan memasang namanya di Internet dengan mensponsori konten
khusus di situs web yang berisi berita, informasi keuangan, dan seterusnya.
Tempat terbaik untuk pemberian sponsor (sponshorship)
adalah di situs yang diarahkan dengan baik dan menawarkan informasi atau jasa
relevan. Sponsor membayar untuk memperlihatkan konten tersebut untuk
selanjutnya mendapatkan pengakuan sebagai sponsor jasa tertentu.
Dari gambar
diatas yang merupakan situs web dari klub sepakbola dunia Manchester United,
dapat dilihat pada gambar paling atas terdapat foto pemain dari Manchester
United yang menggunakan kaos yang terdapat logo Nike dan Chevrolet. Dari gambar
tersebut tersiratkan bahwa Nike dan Chevrolet menjadi sponsor dari Manchester
United.
- · Aliansi
Aliansi terjadi
ketika satu perusahaan internet bekerja sama dengan perusahaan lain, mereka
saling mengiklankan satu sama lain melalui aliansi dan program afiliasi.
Contoh: situs web Amazon mempunyai hampir satu juta afiliasi yang memasang
spanduknya di situs web mereka. Begitu pula kebalikannya. Aliansi dan program
afiliasi ini diharapkan dapat saling menguntungkan diantara kedua perusahaan
yang bekerja sama.
- · Komunitas Online
Banyak
perusahaan mensposori komunitas online yang anggotanya berkomunikasi melalui posting,
pesan instan dan diskusi percakapan tentang minat khusus terkait produk dan
merk perusahaan. Contoh: Komunitas Avanza Club Indonesia merupakan sebuah
komunitas pengguna mobil Avanza se-Indonesia yang memiliki forum diskusi di
sosial media seperti facebook yang digunakan untuk sharing informasi, dll. Ketika komunitas pengguna mobil Avanza akan
melakukan sebuah kegiatan touring, mereka disponsori oleh Perusahaan Toyota dan
perusahaan dapat mengambil dokumentasi kegiaan touring untuk selanjutnya
dijadikan sebuah iklan.
MGM Grand Casino - Mapyro
BalasHapusFind MGM Grand 구미 출장샵 Casino, Las Vegas, NV, 포천 출장안마 United States, photos, map, prices, expert advice, 원주 출장안마 traveler reviews and tips, and more 의왕 출장안마 information 서귀포 출장안마 from