Senin, 04 Mei 2015

Mengelola Komunikasi Pemasaran Pribadi

    Komunikasi pemasaran pribadi merupakan komunikasi pemasaran yang terjadi sebagai semacam dialog pribadi antara perusahaan dan pelanggannya. Dengan bantuan kemajuan teknologi yang pesat, komunikasi pemasaran pribadi memungkinkan masyarakat dan perusahaan saling berkomunikasi melalui internet, mesin faks, telepon selular, dan peralatan nirkabel
Dalam komunikasi pemasaran pribadi ini , kita mempertimbangkan bagaimana perusahaan mempersonalisasikan komunikasi pemasaran mereka agar lebih memberikan pengaruh. Kita mulai dengan mengevaluasi pemasaran langsung dan interaktif, lalu beralih ke pemasaran berita dari mulut ke mulut, dan menyelesaikannya dengan mempertimbangkan penjualan personal dan tenaga penjualan.

Pemasaran Langsung (Direct Marketing)
      Pemasaran Langsung (Direct Marketing) merupakan bentuk promosi dengan cara memasarkan barang/jasa secara langsung agar mendapat tanggapan secara langsung juga dari para konsumen. Pemasaran langsung dapat menggunakan sejumlah saluran untuk menjangkau calon pelanggan dan pelanggan perorangan, seperi surat langsung, pemasaran katalog, telemarketing, TV interaktif, kios, situs web, dan peralatan bergerak (mobile).

Pemasaran langsung memiliki berberapa manfaat bagi penjual maupun bagi pembeli, diantaranya adalah:
·         Bagi penjual
o   Dapat membeli daftar alamat yang memuat nama dengan karakteristik yang spesifik
o   Pemasaran langsung dapat diatur agar dapat menjangkau calon pembeli pada saat yang tepat dan dibaca oleh calon pelangganyang lebih memiliki prospek
·         Bagi pembeli
o   Memberikan pilihan barang lebih banyak, karena dapat melakukan perbandingan dengan membuka-buka katalog dan layanan belanja on line
o   Aktivitas berbelanja konsumen cukup dilakukan di rumah sehingga lebih menghemat waktu, nyaman, dan bebas dari pertengkaran

Banyak perusahaan menggunakan pemasaran langsung yang penggunaannya sebagai bagian dari model bisnis. Cari ini adalah cara yang digunakan oleh maskapai bertarif rendah. Tidak ada perantara atau agen, pelanggan memesan tiket penerbangan secara langsung melalui Internet. Maskapai menangkap data pelanggan yang dapat digunakan untuk penelitian pemasaran atau skema loyalitas. Informasi dapat diproses dengan cepat, dan kemudian dikategorikan ke dalam database relasional yang kompleks, Kemudian, misalnya penawaran khusus atau penerbangan tujuan baru dapat dikomunikasikan langsung kepada pelanggan yang menggunakan kampanye e-mail. Data tidak hanya dikumpulkan di pasar dan segmen, tetapi juga pada individu dan perilaku pembeli masing-masing.

1.       Surat Langsung
Pemasaran melalui surat / pengeposan langsung berarti mengirimkan penawaran, pengumuman, pengingat, atau barang lain ke konsumen perorangan. Surat langsung merupakan media yang terkenal karena memungkinkan selektivitas pasar sasaran, dapat disesuaikan dengan konsumen yang dituju, fleksibel, dan memungkinkan pengujian dini dan pengukuran respons.
2.       Pemasaran Katalog
Dalam pemasaran katalog, perusahaan dapat mengirimkan katalog barang lini penuh, katalog konsumen khusus, dan katalog bisnis, biasanya dalam bentuk cetak tetapi kadang kadang juga dalam bentuk CD, video, atau online. Katalog merupakan bisnis besar. Sekitar 71% konsumen AS berbelanja dari rumah menggunakan katalog lewat telepon, surat, dan internet
3.       Telemarketing
Telemarketing (pemasaran jarak jauh) adalah penggunaan telepon dan pusat panggilan (call center) untuk menarik prospek, menjual kepada pelanggan yang telah ada dan menyediakan layanan dengan mengambil pesanan dan menjawab pertanyaan melalui telepon.Perusahaan menggunakan pusat panggilan untuk telemarketing ke dalam (menerima telepon dari pelanggan) dan telemarketing keluar (memulai telepon ke prospek dan pelanggan.
     Pemasaran langsung dan pelanggannya biasanya memiliki hubungan yang saling menguntungkan. Meskipun demikian, kadang kadang ada sisi negative yang muncul:
  •  Kejengkelan
  •  Ketidakadilan
  •  Penipuan dan pemalsuan.
  •  Serangan terhadap privasi
Pemasaran Interaktif
Saluran komunikasi untuk menjual secara langsung ke pelanggan adalah saluran elektronik. Internet menyediakan peluang kepada penjual dan pelanggan untuk berinteraksi dan bertransaksi lebih mudah.
Keunggulan
  • -          Mengurangi biaya pemasaran
  • -          Dapat cepat mengukur respon
  • -          Jangkauan sangat luas

Kekurangan
-          Konsumen memiliki lebih banyak pilihan dan pembanding
Iklan dan Promosi Online
Perusahaan memilih bentuk pemasaran interaktif yang paling efektif dalam mencapai tujuan komunikasi dan penjualan
Situs Web
Perusahaan harus membuat web yang mencerminkan mereka. Web ini harusnya menarik untuk mengundang konsumen membuka pertama kali, dan cukup menarik untuk dibuka ulang,
Konsumen menilai web berdasarkan kemudahan penggunaan dan daya tarik fisik. Kemudahan penggunaan memiliki attribut:
  • -          Dapat diunduh dengan cepat
  • -          Halaman pertama mudah dipahami
  • -          Berpindah-pindah halaman dengan cepat

Sedangkan daya tarik fisik ditentukan oleh faktor-faktor
  • -          Halaman tidak disesaki dengan konten
  • -          Bentuk dan jenis huruf mudah dibaca
  • -          Menggunakan warna dan suara yang baik
Situs Mikro
Adalah daerah terbatas di web yang dikelola oleh pengiklan lain. Cocok untuk perusahaan yang menjual produk atau jasa yang jarang diminati.
Iklan Pencari
Area yang tumbuh dengan cepat dalam pemasaran interaktif adalah iklan pencarian berbayar atau iklan berbayar-per-klik. Pencarian ini berfungsi sebagai link penawaran produk atau jasa yang menjadi minat konsumen dan yang berhubungan dengan hal tersebut. Pengiklan hanya membayar jika iklannya di klik, tetapi pemasar percaya bahwa konsumen yang sudah menunjukan minat dengan melakukan pencarian merupakan calon pelanggan utama
Iklan Tampilan
Iklan tampilan (display ads) atau sering disebut juga iklan spanduk (banner ads) berbentuk kotak kecil persegi yang berisi teks dan gambar yang dibayar oleh perusahaan untuk memasang iklan di situs Web yang berkaitan. Jika semakin banyak pengunjung yang dapat melihat iklan tersebut maka semakin besar juga biaya penempatannya. Contoh dari iklan tampilan kita ambil dari sebuah situs web detik.com dan perhatikan gambar berikut:

Pada saat membuka situs detik.com bagian otomotif, terdapat kotak kecil di sebelah kiri bawah berisi teks dan gambar. Iklan tersebutlah yang disebut iklan tampilan

Iklan antara (interstitials) adalah iklan yang sering dilengkapi video atau animasi, yang muncul antara perubahan pada situs Web. Contoh untuk Iklan antara dapat kita temukan pada situs web youtube.com dimana ketika kita ingin melihat sebuah video sebelumnya kita akan melihat video iklan yang kemudian baru kita dapat melihat video yang kita ingin lihat. 

  • ·         Iklan dan Video Khusus Internet
Dengan adanya situs web seperti Youtube, MySpace Video, Google Video, dan lain sebagainya, perusahaan pengiklan dapat membuat sebuah account perusahaan pada situs web tersebut lalu meng-upload video – video iklan produk mereka sehingga konsumen dapat melihat sewaktu-waktu dan dapat dibagikan ke jutaan orang. Video online dapat mengurangi biaya dan memberi lebih banyak kebebasan kepada pemasar.

  • ·         Pemberian Sponsor

Banyak perusahaan memasang namanya di Internet dengan mensponsori konten khusus di situs web yang berisi berita, informasi keuangan, dan seterusnya. Tempat terbaik untuk pemberian sponsor (sponshorship) adalah di situs yang diarahkan dengan baik dan menawarkan informasi atau jasa relevan. Sponsor membayar untuk memperlihatkan konten tersebut untuk selanjutnya mendapatkan pengakuan sebagai sponsor jasa tertentu.

Dari gambar diatas yang merupakan situs web dari klub sepakbola dunia Manchester United, dapat dilihat pada gambar paling atas terdapat foto pemain dari Manchester United yang menggunakan kaos yang terdapat logo Nike dan Chevrolet. Dari gambar tersebut tersiratkan bahwa Nike dan Chevrolet menjadi sponsor dari Manchester United.

  • ·         Aliansi
Aliansi terjadi ketika satu perusahaan internet bekerja sama dengan perusahaan lain, mereka saling mengiklankan satu sama lain melalui aliansi dan program afiliasi. Contoh: situs web Amazon mempunyai hampir satu juta afiliasi yang memasang spanduknya di situs web mereka. Begitu pula kebalikannya. Aliansi dan program afiliasi ini diharapkan dapat saling menguntungkan diantara kedua perusahaan yang bekerja sama.

  • ·         Komunitas Online
Banyak perusahaan mensposori komunitas online yang anggotanya berkomunikasi melalui posting, pesan instan dan diskusi percakapan tentang minat khusus terkait produk dan merk perusahaan. Contoh: Komunitas Avanza Club Indonesia merupakan sebuah komunitas pengguna mobil Avanza se-Indonesia yang memiliki forum diskusi di sosial media seperti facebook yang digunakan untuk sharing informasi, dll. Ketika komunitas pengguna mobil Avanza akan melakukan sebuah kegiatan touring, mereka disponsori oleh Perusahaan Toyota dan perusahaan dapat mengambil dokumentasi kegiaan touring untuk selanjutnya dijadikan sebuah iklan.  

1 komentar:

  1. MGM Grand Casino - Mapyro
    Find MGM Grand 구미 출장샵 Casino, Las Vegas, NV, 포천 출장안마 United States, photos, map, prices, expert advice, 원주 출장안마 traveler reviews and tips, and more 의왕 출장안마 information 서귀포 출장안마 from

    BalasHapus