·
E-mail
Penempatan iklan
di e-mail ini merupakan salah satu strategi yang efektif karena perusahaan
dapat melakukan penghematan biaya dan kertas. Akan tetapi, konsumen mudah jenuh
dengan e-mail tersebut dan menerapkan penyaring spam. Perlunya beberapa panduan penting agar pengiklanan di e-mail
dapat menjadi efektif:
Ø
Memberikan
alasan kepada pelanggan untuk merespons, dengam memberikan kuis undian,
permainan, dll dapat membuat konsumen merespons e-mail.
Ø
Mempersonalisasikan
konten e-mail.
Ø
Menawarkan
sesuatu yang tidak bisa didapatkan pelanggan melalui surat langsung.
Ø
Mempermudah
pelanggan “untuk berhenti berlangganan”
·
Pemasaran
Mobile
Dengan melihat
perkembangan telepon seluler yang semakin canggih dan juga penggunaannya yang
semakin meningkat pesat, perusahaan mulai memasang iklan pada situs web mobile. Dapat juga dilakukan dengan
mengirim pesan singkat (sms). Dengan sifat telepon seluler yang dapat dibawa ke
mana saja dan kemampuan pemasar mempersonalisasikan pesan berdasarkan
demografi, daya Tarik pemasaran mobile
sudah jelas. Contoh: perusahaan Telkomsel mengirimkan sms yang berisi promosi
harga telepon, sms maupun paket data kepada pelanggannya
Berita dari mulut ke mulut
Adalah sebuah komunikasi dari satu orang ke orang
yang lain, dimana komunikasi yang mereka sampaikan berupa komunikasi seputar barang dan jasa yang bisa
melalui telepon, email, media sosial dan lainnya.
Salah satu contoh produk yang menggunakan metode
dari mulut ke mulut adalah sunlight dan hotel doubletree di malaysia.
Sunlight menggunakan metode word of mouth dengan
cara membuat sebuah acara bernama “agen seribu sunlight” dimana acara ini
melibatkan ribuan ibu-ibu dari setiap kotanya untuk bergabung dan mengajak para
ibu lainnya untuk mengikuti acara ini dengan iming-iming sebuah hadiah. Setiap
orang yang mendengar kata”hadiah” pasti akan langsung tertarik dan mengikuti
acara tersebut. begitu pula dengan ibu-ibu ini, mereka mengajak ibu-ibu yang
lain untuk bergabung ke agen 1000 sunglight ini, semakin banyak mengajak ibu
lain untuk bergabung, semakin besar juga peluang hadiah yang akan di dapatkan.
Dari cara inilah word of mouth berlangsung. Tanpa di sadari oleh mereka, mereka
sudah membantu sunglight itu sendiri untuk mempromosikan produknya lewat
ibu-ibu. Karena setiap ibu yang mengajak ibu-ibu lainnya pasti secara tidak
sadar seperti layaknya mempromosikan sunlight itu sendiri. Karena hal ini,
sunlight berhasil memperoleh keuntungan yang lumayan besar setiap tahunnya dan
berhasil menjadi produk yang tidak mungkin tidak dikenal oleh ibu-ibu di
seluruh indonesia.
Lain halnya dengan Doubletree Hotel, jika sunglight
mengajak ibu-ibu lainnya untuk bergabung agar tercipta sebuah word of mouth.
Doubletree hotel melakukan cara yang cukup unik, ia tidak meminta pengunjungnya
untuk berbicara mengenai hotel mereka atau mengajak pengunjung untuk
berkomentar mengenai hotel mereka. Tapi doubletree hotel ini membuat pengunjung
secara tidak langsung yang membuat word of mouth ini terjadi. Doubletree hotel
melakukan cara yang cukup unik yang jarang dilakukan oleh hotel lainnya. Jadi,
setiap pengunjung yang datang dan check in ke hotel mereka,para pengunjung akan
langsung mendapatkan sebuah kue coklat hangat yang benar-benar baru keluar dari
oven untuk para pengunjungnya. Dengan pelayanannya yang ramah dan sama rata
atau dalam artian tidak membeda-bedakan pengunjung, pengunjung hotel tersebut
meresa senang dan puas dengan apa yang dilakukan oleh doubletree ini, karena
hal inilah, para pengunjung secara tidak sadar menceritakan pengalaman mereka
kepada orang lain yang membuat orang lain penasaran dan langsung mengunjungi
hotel tersebut untuk membuktikannya.
Cara kue coklat sebagai cara untuk membuat word of
mouth ini berlangsung ternyata cukup berhasil. Karena terbukti hingga detik ini
doubletree hotel sudah membuat dan memberikan ke 250 juta pengunjung mereka.
Hebat bukan?
Pemasaran Word of mouth ini akan terjadi dikarenakan
2 hal:
Pemasaran buzz dan viral.
Pemasaran buzz dan viral
merupakan sebuah cara pemasaran yang menjadi sebab-akibat kenapa word of mouht
ini bisa terjadi.
Pemasaran buzz ini adalah pemasaran dalam bentuk perbincangan
atau gosip dari satu orang ke orang lainnya yang menimbulkan ketertarikan. Lalu Pemasaran Viral adalah sebuah pemasaran yang diibaratkan seperti virus. Karena
keberadaan pemasaran ini yang cukup cepat dan biasnaya tidak disadari karena
biasanya pemasaran ini tersirat keberadaanya. Pemasaran viral ini bisa berupa pemasaran
via media atau yang lainnya.
Blendtec adalah salah satu produk yang menggunakan 2
pemasaran ini, dimana ia membuat sebuah video untuk menguji kekuatan produk
mereka dengan bantuan 2 handphone yang saat terkenal, yaitu samsung note3 dan
iphone 6. Jadi 2 tipe hp yang berbeda ini di letakkan di dua blender yang
berbeda. Dengan muka santai, bapak yang ada di video ini langsung saja mulai
menyalakan blendernya dan blender itupun mulai menghancurkan 2 handphone
tersebut hingga menjadi abu. Dari video tersebut, menimbulkan ketertarikan yang
muncul dari orang-orang yang menonton videonya, hebatnya lagi, blendtec
berhasil menimbulkan word of mouth di dalamnya dan menbuat orang-orang banyak
yang membicarakan produk mereka.
Bzz Agent adalah perusahaan yang dibuat memang untuk
pengujian sebuah produk sebelum produk itu di pasarkan secara bebas.
Hal yang harus dan tidak boleh dilakukan oleh para
pengguna metode word of mouth
Ø Membayar”
dengan umpan balik
Ø Memaksakan
untuk terbuka
Ø Menuntut
kejujuran
Ø Membantu
pelanggan menceritakan kisah
Ø Jangan
menggunakan skenario
Ø Jangan
merencanakan
Ø Jangan
menjual
Ø Jangan
mengabaikan
Mengukur Efek
Berita dari Mulut Ke Mulut
Terdapat
berbagai cara untuk mengukur efektivitas berita dari mulut ke mulut, antara
lain:
•
Skala
kampanye (jangkauan kampanye)
•
Kecepatan
kampanye menyebar
•
Pangsa
suara di ruang tersebut
•
Pangsa
suara dalam kecepatan tersebut
•
Relevansi
pesan
•
Kemampuan
bertahan pesan
•
Seberapa
jauh pesan bergerak dari sumbernya
Blog
•
Blog, jurnal atau buku harian online yang diperbaharui
secara teratur menjadi gerai penting bagi berita dari mulut ke mulut.
•
Salah
satu daya tarik blog yang jelas adalah menyatukan orang dengan minat
yang sama.
•
Sebagian
konsumen menggunakan blog dan video sebagai sarana retribusi dan balas
dendam terhadap perusahaan atas jasa layanan yang buruk dan produk yang gagal.
Pemimpin Opini
Tiga jenis orang
yang berhasil memicu minat masyarakat tentang sebuah ide adalah:
- Maven, yaitu orang yang mengerti tentang hal besar dan
kecil
- Penghubung, yaitu orang yang tahu dan berkomunikasi dengan
banyak orang lain
- Wiraniaga, yaitu orang yang memiliki kekuatan alami
Merancang Tenaga Penjualan
Struktur Tenaga Penjualan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar