Senin, 04 Mei 2015

Mengelola Komunikasi Pemasaran Pribadi ( Part 2)

·         E-mail
Penempatan iklan di e-mail ini merupakan salah satu strategi yang efektif karena perusahaan dapat melakukan penghematan biaya dan kertas. Akan tetapi, konsumen mudah jenuh dengan e-mail tersebut dan menerapkan penyaring spam. Perlunya beberapa panduan penting agar pengiklanan di e-mail dapat menjadi efektif:
Ø  Memberikan alasan kepada pelanggan untuk merespons, dengam memberikan kuis undian, permainan, dll dapat membuat konsumen merespons e-mail.
Ø  Mempersonalisasikan konten e-mail.
Ø  Menawarkan sesuatu yang tidak bisa didapatkan pelanggan melalui surat langsung.
Ø  Mempermudah pelanggan “untuk berhenti berlangganan”
·         Pemasaran Mobile
Dengan melihat perkembangan telepon seluler yang semakin canggih dan juga penggunaannya yang semakin meningkat pesat, perusahaan mulai memasang iklan pada situs web mobile. Dapat juga dilakukan dengan mengirim pesan singkat (sms). Dengan sifat telepon seluler yang dapat dibawa ke mana saja dan kemampuan pemasar mempersonalisasikan pesan berdasarkan demografi, daya Tarik pemasaran mobile sudah jelas. Contoh: perusahaan Telkomsel mengirimkan sms yang berisi promosi harga telepon, sms maupun paket data kepada pelanggannya

Berita dari mulut ke mulut
Adalah sebuah komunikasi dari satu orang ke orang yang lain, dimana komunikasi yang mereka sampaikan berupa  komunikasi seputar barang dan jasa yang bisa melalui telepon, email, media sosial dan lainnya.

Salah satu contoh produk yang menggunakan metode dari mulut ke mulut adalah sunlight dan hotel doubletree di malaysia.

Sunlight menggunakan metode word of mouth dengan cara membuat sebuah acara bernama “agen seribu sunlight” dimana acara ini melibatkan ribuan ibu-ibu dari setiap kotanya untuk bergabung dan mengajak para ibu lainnya untuk mengikuti acara ini dengan iming-iming sebuah hadiah. Setiap orang yang mendengar kata”hadiah” pasti akan langsung tertarik dan mengikuti acara tersebut. begitu pula dengan ibu-ibu ini, mereka mengajak ibu-ibu yang lain untuk bergabung ke agen 1000 sunglight ini, semakin banyak mengajak ibu lain untuk bergabung, semakin besar juga peluang hadiah yang akan di dapatkan. Dari cara inilah word of mouth berlangsung. Tanpa di sadari oleh mereka, mereka sudah membantu sunglight itu sendiri untuk mempromosikan produknya lewat ibu-ibu. Karena setiap ibu yang mengajak ibu-ibu lainnya pasti secara tidak sadar seperti layaknya mempromosikan sunlight itu sendiri. Karena hal ini, sunlight berhasil memperoleh keuntungan yang lumayan besar setiap tahunnya dan berhasil menjadi produk yang tidak mungkin tidak dikenal oleh ibu-ibu di seluruh indonesia.

Lain halnya dengan Doubletree Hotel, jika sunglight mengajak ibu-ibu lainnya untuk bergabung agar tercipta sebuah word of mouth. Doubletree hotel melakukan cara yang cukup unik, ia tidak meminta pengunjungnya untuk berbicara mengenai hotel mereka atau mengajak pengunjung untuk berkomentar mengenai hotel mereka. Tapi doubletree hotel ini membuat pengunjung secara tidak langsung yang membuat word of mouth ini terjadi. Doubletree hotel melakukan cara yang cukup unik yang jarang dilakukan oleh hotel lainnya. Jadi, setiap pengunjung yang datang dan check in ke hotel mereka,para pengunjung akan langsung mendapatkan sebuah kue coklat hangat yang benar-benar baru keluar dari oven untuk para pengunjungnya. Dengan pelayanannya yang ramah dan sama rata atau dalam artian tidak membeda-bedakan pengunjung, pengunjung hotel tersebut meresa senang dan puas dengan apa yang dilakukan oleh doubletree ini, karena hal inilah, para pengunjung secara tidak sadar menceritakan pengalaman mereka kepada orang lain yang membuat orang lain penasaran dan langsung mengunjungi hotel tersebut untuk membuktikannya.
Cara kue coklat sebagai cara untuk membuat word of mouth ini berlangsung ternyata cukup berhasil. Karena terbukti hingga detik ini doubletree hotel sudah membuat dan memberikan ke 250 juta pengunjung mereka. Hebat bukan?

Pemasaran Word of mouth ini akan terjadi dikarenakan 2 hal:
Pemasaran buzz dan viral. 
    Pemasaran buzz dan viral merupakan sebuah cara pemasaran yang menjadi sebab-akibat kenapa word of mouht ini bisa terjadi. 
Pemasaran buzz ini adalah pemasaran dalam bentuk perbincangan atau gosip dari satu orang ke orang lainnya yang menimbulkan ketertarikan. Lalu Pemasaran Viral adalah sebuah pemasaran yang diibaratkan seperti virus. Karena keberadaan pemasaran ini yang cukup cepat dan biasnaya tidak disadari karena biasanya pemasaran ini tersirat keberadaanya. Pemasaran viral ini bisa berupa pemasaran via media atau yang lainnya.

     Blendtec adalah salah satu produk yang menggunakan 2 pemasaran ini, dimana ia membuat sebuah video untuk menguji kekuatan produk mereka dengan bantuan 2 handphone yang saat terkenal, yaitu samsung note3 dan iphone 6. Jadi 2 tipe hp yang berbeda ini di letakkan di dua blender yang berbeda. Dengan muka santai, bapak yang ada di video ini langsung saja mulai menyalakan blendernya dan blender itupun mulai menghancurkan 2 handphone tersebut hingga menjadi abu. Dari video tersebut, menimbulkan ketertarikan yang muncul dari orang-orang yang menonton videonya, hebatnya lagi, blendtec berhasil menimbulkan word of mouth di dalamnya dan menbuat orang-orang banyak yang membicarakan produk mereka.

Bzz Agent adalah perusahaan yang dibuat memang untuk pengujian sebuah produk sebelum produk itu di pasarkan secara bebas.

Hal yang harus dan tidak boleh dilakukan oleh para pengguna metode word of mouth
Ø  Membayar” dengan umpan balik
Ø  Memaksakan untuk terbuka
Ø  Menuntut kejujuran
Ø  Membantu pelanggan menceritakan kisah
Ø  Jangan menggunakan skenario
Ø  Jangan merencanakan
Ø  Jangan menjual
Ø  Jangan mengabaikan

Mengukur Efek Berita dari  Mulut Ke Mulut
Terdapat berbagai cara untuk mengukur efektivitas berita dari mulut ke mulut, antara lain:
      Skala kampanye (jangkauan kampanye)
      Kecepatan kampanye menyebar
      Pangsa suara di ruang tersebut
      Pangsa suara dalam kecepatan tersebut
      Relevansi pesan
      Kemampuan bertahan pesan
      Seberapa jauh pesan bergerak dari sumbernya
Blog
      Blog, jurnal atau buku harian online yang diperbaharui secara teratur menjadi gerai penting bagi berita dari mulut ke mulut.
      Salah satu daya tarik blog yang jelas adalah menyatukan orang dengan minat yang sama.
      Sebagian konsumen menggunakan blog dan video sebagai sarana retribusi dan balas dendam terhadap perusahaan atas jasa layanan yang buruk dan produk yang gagal.
Pemimpin Opini
Tiga jenis orang yang berhasil memicu minat masyarakat tentang sebuah ide adalah:
  1. Maven, yaitu orang yang mengerti tentang hal besar dan kecil
  2. Penghubung, yaitu orang yang tahu dan berkomunikasi dengan banyak orang lain
  3. Wiraniaga, yaitu orang yang memiliki kekuatan alami
 Merancang Tenaga Penjualan
Struktur Tenaga Penjualan






Tidak ada komentar:

Posting Komentar